Suzuki IGNIS Paling IRIT

Suzuki IGNIS Paling IRIT

Suzuki Buana Trada, Dalam rangka memberi panduan situasi dan kondisi jalur mudik kepada para mudikers, tahun ini kami www.otomotifmagz.com kembali melakukan Survei Jalur Mudik dan Balik 2017 bersama Suzuki Ignis. Survei mudik ini kami lakukan dari Jakarta-Tol Cipali-Jalan Tol Fungsional-Salatiga sejauh 500,4 kilometer.

Sedangkan survei arus balik kami lakukan dari Salatiga-Semarang-Jalur Pantura (Pekalongan, Tegal, Brebes)-Tol Cipali-Tol Cikampek-Jakarta-Bintaro sejauh 531,5 kilometer. Total jarak tempuh adalah 1.031,9 kilometer. Semua hasil survei mudik ini bisa Anda lihat di Channel Youtube: otomotifmagz.com.

Selama melakukan survei mudik tersebut kami juga melakukan tes konsumsi bahan bakar Suzuki Ignis tipe manual. Dengan total jarak survei sejauh 1.031,9 kilometer tersebut didapat hasil akhir pemakaian bahan bakar (Pertamax) sebanyak 23,5 km/liter.

Menurut kami hasil ini terbilang irit mengingat kondisi jalan stop and go. Pada saat berangkat survei kami sudah dihadang kemacetan dari KM 19 hingga KM 57 tol Cikampek. Barulah di tol Cipali kami bisa menambah pedal gas. Lalu di jalan tol Fungsional kecepatan disesuaikan dengan anjuran 40-50 kpj mengingat kondisi jalan yang masih darurat. Selanjutnya menuju tol Salatiga kami bisa jalan santai karena kondisi lalu lintas relatif sepi.

Pada saat arus balik khususnya keluar dari kawasan kota Semarang, kami harus menghadapi situasi jalan sehari-hari. Seperti mendaki di jalan Alas Roban, kemudian harus berdampingan dengan motor, bus, angkot selama menyusuri jalur Pantura.

Suzuki Ignis mengusung mesin bertipe K12M dengan konfigurasi empat silinder segaris, DOHC, VVT, sangat andal digunakan dalam hal performa dan efisiensi bahan bakar juga terbaik di kelasnya. Dari tes jalan yang dilakukan BT2MP-BPPT, konsumsi bahan bakar Suzuki IGNIS mencapai 23,64 km/liter transmisi Manual dan 23,44 km/liter untuk transmisi AGS.

Kalau melihat angka tes irit yang kami dapat selama perjalanan survei mudik 2017 sepertinya hasil yang kami dapat tidak terlalu mengecewakan minimal mendekati hasil BT2MP-BPPT. Suzuki Ignis boleh dibilang irit. Tergantung kaki Anda memainkan pedal gas dan rem hehe…
( sumber http://www.otomotifmagz.com )